Wednesday, April 18, 2007

'NORBIT', Tiga Evolusi Eddie Murphy

Pemain: Eddie Murphy, Cuba Gooding Jr., Thandie Newton, Terry CrewsAda kejutan dari Eddie Murphy di film ini. Mr Wong, pria berdarah China yang membuka restoran, serta Resputia, wanita bertubuh besar dan gemuk yang menikah dengan Norbit, ternyata juga diperankan oleh Murphy.
Norbit adalah seorang anak yatim-piatu. Saat ia masih bayi, ia ditinggalkan di depan pintu panti asuhan. Mr Wong, selain memiliki restoran, juga mengelola sebuah panti asuhan, memutuskan untuk merawat bayi itu.
Norbit kecil menjalin hubungan dekat dengan gadis cilik bernama Kate (Thandie Newton) di panti tersebut. Walau masih kecil, keduanya memutuskan untuk menikah di bawah pohon yang terletak di halaman panti.Selang dua minggu, pasangan ini pun harus berpisah. Kate diadopsi oleh sebuah keluarga, sedangkan Norbit tetap tinggal di panti hingga remaja.Tumbuh sebagai remaja, Norbit berkenalan dengan Resputia.Wanita bertubuh besar ini menjadi satu-satunya wanita dalam masa remajanya. Tidak hanya melindungi Norbit dari serangan teman-temanya, Resputia juga mengenalkan sebuah keluarga kepada Norbit, termasuk tiga orang kakaknya: Big Jack (Terry Crews), Earl (Clifton Powel), dan Blue (Lester "Rasta" Speight).
Tiga kakak Resputia ini bekerja layaknya preman yang memungut bayaran untuk keamanan kota. Tidak mau berpikiran buruk, Norbit hanya mengetahui mereka bekerja di bidang konstruksi.Keputusan untuk menikah dengan Resputia pun akhirnya diambil. Sayang, bukan kebahagiaan yang didapat, tapi penderitaan.Sementara itu, Kate kembali ke kota dan memutuskan untuk membeli panti. Berusaha untuk mendapatkan cintanya kembali, Norbit berjuang untuk melawan kekerasan yang dilakukan Resputia dan kakak-kakaknya.Tema cerita ini sangat sederhana. Norbit bagaikan tokoh Cinderella ( tapi pria) seperti dalam dongeng. Ia tidak hanya diperlakukan dengan kasar, tapi juga bagaikan seorang pembantu yang harus membersihkan rumah dan melakukan kegiatan konyol lainnya.Ia mencoba menerima semua sikap istrinya, termasuk perselingkuhan yang terjadi di depan matanya. Kesabaran dan keinginan melindungi orang yang dikasihi, membuat Norbit tidak hanya memiliki keberanian, tapi juga kejeniusan.

No comments: